Abstract:
Indomaret merupakan jaringan minimarket pertama yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari sejak tahun 1988. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan omset ritel modern dalam beberapa tahun terakhir mengalami kondisi yang lesu dan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan barang konsumsi yang sangat rendah. Hal tersebut mengakibatkan PT Indoritel Makmur International Tbk sebagi pemilik Indomaret mengalami penurunan laba perusahaan yang cukup signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh variabel independen (lokasi, keragaman produk, harga dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (minat beli konsumen) pada minimarket Indomaret di Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan non probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden dengan kriteria responden yang melakukan pembelian di Indomaret minimal 2 kali setiap bulannya. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi, keragaman produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada minimarket Indomaret di Jabodetabek.