Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh variabel dari daya tarik (attention), minat (interest), keinginan membeli (desire), dan tindakan (action) terhadap keputusan pembelian sabun antiseptik merek Lifebuoy di Kampung Pamahan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 17. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sabun antiseptik merk Lifebuoy dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dua variabel bebas, yaitu daya tarik (attention) dan minat (interest) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, yakni keputusan pembelian. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel bebas (daya tarik, minat, keinginan membeli, dan tindakan) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif terbesar terhadap keputusan pembelian adalah variabel daya tarik, kemudian diikuti oleh variabel minat. Berdasarkan uji analisis koefisien determinasi, pengaruh variabel bebas (daya tarik, minat, keinginan membeli, dan tindakan) mempengaruhi keputusan pembelian sebanyak 40% dan 60% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.