Abstract:
Fashion merupakan bagian dari gaya hidup, penampilan diri hingga penilaian diri. Terdapat banyak kegiatan serta acara yang menyebabkan penampilan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Pada business plan ini membahas mengenai strategi TReFas yang berlokasi di Jakarta. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, serta Jakarta sebagai Ibu Kota dari negara Indonesia. Melihat perubahan gaya fashion yang berkembang, kesempatan ini merupakan alasan usaha TReFas direncanakan. TReFas yang merupakan singkatan dari Trend Rent Fashion, dengan segmentasi pasar yaitu dengan kelas sosial lower class hingga upper-middle class. Sewa pakaian merupakan usaha yang ditawarkan TReFas, dengan beragam jenis pakaian serta merek pakaian. Dengan mengikuti perkembangan tren fashion daerah barat. Harga sewa yang ditawarkan yaitu sebesar 30% dari harga pakaian. TReFas menggunakan sosial media, pemasangan spanduk, serta pemberian voucher sebagai kegiatan promosi. TReFas akan buka selama tujuh hari dalam seminggu, dengan sistem pergantian hari libur terhadap karyawan TReFas. Penjualan diharapkan akan meningkat 30 persen pertahun, Harga Pokok Penjualan 5 persen dari penjualan bersih, tingkat penyusutan aset 10 persen pertahun, dari segi rasio profitabilitas bisnis ini diharapkan memiliki kemampuan untuk menghasilkan aset dari pendapatan hingga 25 persen dalam 5 tahun dan untuk menghasilkan pendapatan hingga 52 persen dalam 5 tahun. TReFas akan selalu menilai semua aspek bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan.