Abstract:
Di era globalisasi setiap perusahaan dituntut untuk selalu dapat berkompetisi dengan para pesaingnya secara khusus dalam hal memasarkan suatu produk. Seperti halnya PT. ADIKU yang merupakan perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang precision metal parts, welding sub-assy, serta dies maker juga ikut andil dalam berkompetisi dengan para pesaingnya. Akan tetapi dalam perjalanananya terhadap nilai kualitas produk mengalami customer claim pada tahun 2019, yang dimana telah diterima keluhan dari pelanggan terkait kualitas produk sebanyak 2 klaim yang terjadi pada proses welding. Akibat dari claim tersebut perusahaan mengalami kerugian baik dari segi proses maupun kepercayaan pelanggan. Beranjak dari permasalah itu maka dibuatkan perbaikan dengan menerapkan metode PDCA sebagai alat perbaikan. Dari hasil yang didapatkan membawa dampak positif bagi perusahaan khususnya dapat menghilangkan NG klaim menjadi 0 (zero) dan peningkatan terhadap sumber daya.