dc.description.abstract |
Gastrodiplomasi adalah strategi diplomasi yang menggunakan makanan sebagai sarana untuk mengubah opini publik di seluruh dunia terhadap suatu negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang ingin menggunakan gastrodiplomasi untuk meningkatkan reputasi serta industri pariwisatanya dengan mempromosikan makanan tradisionalnya ke seluruh negara di dunia. Dilihat dari perspektif lain, gastrodiplomacy merupakan bentuk diplomasi publik yang memadukan antara diplomasi budaya, diplomasi kuliner, dan branding suatu negara untuk menjadikan budayanya nyata untuk dicicipi dan disentuh. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gastrodiplomasi Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata Amerika Serikat tahun 2015 hingga 2019, dan untuk menganalisis praktik gastrodiplomasi dalam konteks studi hubungan internasional. Masalah yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bagaimana Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melakukan gastrodiplomasi di Amerika Serikat tahun 2015 – 2019. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penulis akan menganalisis kasus ini dan menjawab masalah dengan membaca dan menggunakan keakuratan data melalui buku, jurnal, manuskrip, catatan, catatan sejarah, dokumen resmi dan lain-lain. Untuk memastikan data tersebut, di sisi lain, informasi lain mengenai praktik gastrodiplomasi Indonesia dapat diperoleh dari sumber primer seperti data resmi pemerintah, melalui data Kementerian Pariwisata Indonesia dan data sekunder melalui situs berita dan jurnal. Dalam tesis ini Amerika Serikat ditetapkan sebagai negara sasaran untuk melakukan gastrodiplomasi Indonesia. Kementerian Pariwisata RI melakukan kegiatan promosi pariwisata di Amerika Serikat dalam kurun waktu 2015-2019 dimana terdapat festival, pameran dan misi penjualan yang dilakukan di beberapa kota di Amerika Serikat. Kemudian penulis akan menggunakan teori soft power, dan konsep gastrodiplomasi sebagai dasar teori gastrodiplomasi Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata terhadap Amerika Serikat dan sebagai konsep dalam promosi pariwisata yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia di Amerika Serikat. Akhirnya tesis ini akan memberikan rincian tindakan gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia ke Amerika Serikat melalui promosi pariwisata. |
en_US |