Abstract:
Persaingan usaha yang kompetitif dan lingkungan yang dinamis mendorong setiap
perusahaan untuk memiliki strategi agar tetap bertahan. Dalam persaingan usaha
yang kompetitif dan lingkungan yang dinamis, strategi bermanfaat sebagai usaha
untuk merespon peluang dan menangani ancaman perusahaan. Selain itu, strategi
bermanfaat sebagai cara perusahaan mencapai tujuan dan meningkatkan
keunggulan bersaing. Salah satu manajemen strategi yang dapat diaplikasikan di
suatu perusahaan adalah manajemen strategi sumber daya manusia. Manajemen
strategi sumber daya manusia membahas tentang bagaimana mencapai tujuan
perusahaan melalui karyawannya. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif
yang membahas mengenai perencanaan manajemen strategi sumber daya manusia
untuk International Sales PT. HDC. Teknik analisis SWOT dan model
manajemen strategi digunakan sebagai landasan perencanaan strateginya. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian adalah
mereka yang berada di level strategic di PT. HDC. Wawancara dan observasi
digunakan sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian adalah hasil
wawancara dan hasil analisis SWOT International Sales PT. HDC. Analisis
SWOT tersebut dituangkan dalam matriks, sehingga ujungnya akan menghasilkan
strategi SO, ST, WO, dan WT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang
akan diambil adalah lebih agresif dalam mencari potential customer, lebih pandai
menjaga existing customer, menjalankan teori blue ocean, serta pemberian
pelatihan mengenai akses dan survei pasar global.