dc.description.abstract |
Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia pada awal tahun 2020 dengan diterapkannya pembelajaran secara daring membuat produktivitas pelajar mengalami penurunan. Mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019 mengalami beberapa kendala selama pembelajaran daring berlangsung. Permasalahan yang dirasakan ialah gangguan jaringan, meningkatnya kebutuhan kuota, kurangnya pemahaman selama pembelajaran berlangsung, dan kurangnya motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh reward dan relasi terhadap motivasi belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring, serta pengaruh reward dan relasi terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring melalui motivasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 776 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019 yang berjumlah 120 responden dengan penggunaan path analysis atau analisis jalur melalui program SPSS ver 25 dalam hal analisis data. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling, dimana penulis menghubungi langsung responden yang menjadi objek penelitian ini. Hasil hipotesis yang telah diuji ialah: Reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019, Relasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019, Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019, Reward secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembelajaran daring, sedangkan secara tidak langsung reward berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring melalui motivasi belajar mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019, Relasi secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring, sedangkan secara tidak langsung melalui motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas pembelajaran daring melalui motivasi belajar mahasiswa Universitas Presiden Kelas Malam Angkatan 2018-2019. |
en_US |