Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari stres akademik, motivasi, dan kemandirian terhadap prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19 (kasus pada mahasiswa president university angkatan 2019). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif jurusan manajemen President University angkatan 2019 di semester 20203. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan quota sampling. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan dalam bentuk google form dan data yang diperoleh akan diolah berdasarkan perhitungan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stres akademik dan motivasi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Sedangkan kemandirian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19 dengan nilai thitung sebesar 2.893 dan tingkat signifikansi sebesar 0.005. Dan terdapat pengaruh secara bersama-sama antara stres akademik, motivasi dan kemandirian terhadap prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19.