President University Repository

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PASIEN (STUDI KASUS KLINIK TERAPI X DI KARAWANG)

Show simple item record

dc.contributor.author Sasetyo, Thahira Putri
dc.date.accessioned 2023-03-20T03:00:22Z
dc.date.available 2023-03-20T03:00:22Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/10699
dc.description.abstract Pasar Indonesia dibidang bisnis dimasa sekarang sangat diuntungkan dengan kedatangan media sosial salah satunya ialah Instagram. Instagram ialah suatu aplikasi yang mengizinkan penggunanya untuk berbagi gambar, foto ataupun video. Masalah muncul ketika promosi yang telah dilakukan oleh Klinik Terapi X melalui media sosial Instagram mengalami penurunan jumlah pasien selama 4 bulan dari mulai November 2020 sampai Februari 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi terhadap peningkatan jumlah pasien di Klinik Terapi X di Karawang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian kualitatif ini, metode yang digunakan secara umum yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan juga didukung dengan mengumpulkan data atau informasi. Wawancara dilakukan dengan 20 partispan orang tua yang sudah menjadi pelanggan tetap, 10 partisipan orang tua pelanggan potensial serta satu admin yang memegang akun Instagram Klinik Terapi X. Penelitian ini menemukan bahwa dari Klinik Terapi X disarankan untuk memperbaiki pemanfaatan akun Instagram milik mereka agar dapat meningkatkan jumlah pasien. Cara yang dapat diterapkan Klinik Terapi X untuk merubah dalam memanfaatkan serta menggunakan Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan jumlah pasien adalah dengan mengikuti teori-teori untuk memanfaatkan Instagram seperti jadwal dan frekuensi membagikan konten, isi konten yang dibagikan dengan tetap menjaga ke otentikannya serta berinteraksi dengan komunitas dan pengikut di media sosial Instagram. Peran yang dimiliki akun Instagram Klinik Terapi X cukup penting karena dengan kehadiran Instagram Klinik Terapi X, hal tersebut membuat Klinik Terapi X dapat dikenal oleh masyarakat dan dapat menjadi wadah untuk media promosi untuk meningkatkan jumlah pasien. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Management;014201805059
dc.subject Instagram en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Klinik en_US
dc.subject Jumlah Pasien en_US
dc.title PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PASIEN (STUDI KASUS KLINIK TERAPI X DI KARAWANG) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account