dc.description.abstract |
Pasar Indonesia dibidang bisnis dimasa sekarang sangat diuntungkan dengan kedatangan media sosial salah satunya ialah Instagram. Instagram ialah suatu aplikasi yang mengizinkan penggunanya untuk berbagi gambar, foto ataupun video. Masalah muncul ketika promosi yang telah dilakukan oleh Klinik Terapi X melalui media sosial Instagram mengalami penurunan jumlah pasien selama 4 bulan dari mulai November 2020 sampai Februari 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi terhadap peningkatan jumlah pasien di Klinik Terapi X di Karawang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian kualitatif ini, metode yang digunakan secara umum yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan juga didukung dengan mengumpulkan data atau informasi. Wawancara dilakukan dengan 20 partispan orang tua yang sudah menjadi pelanggan tetap, 10 partisipan orang tua pelanggan potensial serta satu admin yang memegang akun Instagram Klinik Terapi X. Penelitian ini menemukan bahwa dari Klinik Terapi X disarankan untuk memperbaiki pemanfaatan akun Instagram milik mereka agar dapat meningkatkan jumlah pasien. Cara yang dapat diterapkan Klinik Terapi X untuk merubah dalam memanfaatkan serta menggunakan Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan jumlah pasien adalah dengan mengikuti teori-teori untuk memanfaatkan Instagram seperti jadwal dan frekuensi membagikan konten, isi konten yang dibagikan dengan tetap menjaga ke otentikannya serta berinteraksi dengan komunitas dan pengikut di media sosial Instagram. Peran yang dimiliki akun Instagram Klinik Terapi X cukup penting karena dengan kehadiran Instagram Klinik Terapi X, hal tersebut membuat Klinik Terapi X dapat dikenal oleh masyarakat dan dapat menjadi wadah untuk media promosi untuk meningkatkan jumlah pasien. |
en_US |