Abstract:
Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk meneliti pemahaman para dosen tentang
bagaimana pengalaman telecommuting atau bekerja dari rumah (WFH) melalui mengajar
virtual atau daring di tengah pandemi Covid-19. Responden dari penelitian ini adalah 15
dosen, yang mengajar secara daring dari berbagai universitas swasta di Jakarta, Bogor,
Tangerang dan Bekasi (JABOTABEK). Wawancara semi terstruktur via email dan telepon
dilakukan dengan teknik purposive sampling dan pendekatan analisis konten (Content
Analysis). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa sebagian besar dosen (93%)
memahami konsep telecommuting, pentingnya dukungan teknologi informasi dan
lingkungan kerja rumah untuk mendukung kegiatan pengajaran virtual atau daring mereka.
Studi ini juga menemukan beberapa kelebihan dari pengalaman mengajar daring seperti
fleksibilitas, pengurangan biaya dan efisiensi, keseimbangan kehidupan kerja; dan untuk
kekurangannya yaitu, kurangnya sosialisasi untuk mahasiswa dan interaksi antara dosen
dan mahasiswa, dan kurangnya dukungan infrastruktur, dan yang terakhir adalah disiplin
diri.