Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari tujuh unsur bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik) dan citra merek pada kepuasan pelanggan pada pengguna jasa pengirman barang dan dokumen pada Pandu Logistics Regional Jawa Barat. Data dikumpulkan dengan sample sebanyak 266 organisasi/orang yang pernah mengggunakan jasa Pandu Logistik. Penelitian menggunakan analisis rentang skala, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel product (X1), price (X2), place (X3), process (X5), people (X6) citra merek (X8) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Sedangkan variabel promotion (X4) dan physical evidence (X7) memberikan pengaruh negatif. Adapun bauran pemasaran 7P dan citra merek secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Pandu Logistik Regional Jawa Barat. Berdasarkan temuan ini, penelitian di masa depan perlu menguji ulang pengaruh elemen bauran pemasaran pada kepuasan pelanggan, khususnya, pengguna jasa pengiriman barang dan dokumen Pandu Logistick dengan meningkatkan ukuran sampel dan memperluas wilayah penelitian sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasi.