President University Repository

USULAN PERBAIKAN MANAJEMEN PELANGGAN UNTUK PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK PASCABAYAR PT PLN (PERSERO) ULP LEMAH ABANG

Show simple item record

dc.contributor.author Haris, Azwar
dc.date.accessioned 2024-11-13T08:32:21Z
dc.date.available 2024-11-13T08:32:21Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/12088
dc.description.abstract Perusahaan yang mengutamakan pelayanan kepada konsumen akan bersaing unggul dalam era globalisasi saat ini.PT. PLN (Persero) sebagai BUMN pada bidang pembangkitan, penyediaan tenaga listrik, telekomunikasi, keuangan dan pelayanan pemeliharaan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa bulan terakhir ada kenaikan jumlah pelanggan yang menunggak pada PT.PLN (Persero) ULP Lemah Abang. Banyaknya pelanggan yang tidak melakukan pemenuhan atas kewajibannya sebagaimana tertera pada SPJBTL (Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik) maka pelanggan tersebut telah melakukan penunggakan pembayaran rekening listrik. Perusahaan memiliki kendala di 4 bulan terakhir pada bulan Januari-April 2022. Kendalanya adalah terjadinya kelalaian kepada pelanggan yang mencapai 44,59%. Kasus tersebut disebabkan karena kurannya ketegasan dari manajemen pelanggan. Sehingga perlu di indetifikasi, faktor-faktor penyebab terjadinya tunggakan dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Pengolahan data dilakukan guna mengetahui Fishbone dan 5W+1H sebagai informasi dan guna mengetahui faktor-faktor masalah. Dalam membantu perbaikan, digunakan dengan metode Plan dan Do. Berdasarkan analisa didapatkan 4 jenis tunggakan rekening litrik dimana paling sering terjadi ialah tunggakan dengan kelalaian pelanggan (44,59%), kesulitan ekonomi didapatkan sebesar (39,22%), rumah kosong (8,17%) dan lokasi tidak ditemukan (8,01%). Dapat diketahui bahwa persentase kelalaian pelanggan paling tinggi dibandingkan dengan jenis tunggakan rekening listrik yang lainnya, kelalaian pelanggan yaitu sebesar (44,59%). Kelalaian yang terjadi kurangnya kesadaran diri pelanggan untuk bayar tagihan listrik tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulan. Manajemen pelanggan melakukan pembongkaran kwh listrik bila pelanggan tidak memiliki itikad baik untuk membayar tagihan listrik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Industrial Engineering;004201605020
dc.subject PT. PLN (Persero) Ulp Lemah Abang en_US
dc.subject Manajemen pelayanan en_US
dc.subject Tunggakan pelanggan en_US
dc.subject SPJBTL (Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik) en_US
dc.subject Kelalaian en_US
dc.subject Plan en_US
dc.subject Do en_US
dc.title USULAN PERBAIKAN MANAJEMEN PELANGGAN UNTUK PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK PASCABAYAR PT PLN (PERSERO) ULP LEMAH ABANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account