Abstract:
PT. XYZ merupakan produsen kebutuhan kamar mandi dan dapur untuk pelanggan tingkat menengah keatas, dengan area pemasaran di pasar domestik serta ekspor. Demi menjaga kepercayaan pelanggan terhadap produk kebutuhan kamar mandi dan dapur, PT XYZ selalu menjaga kualitas produk. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keluhan dari salah satu pelanggan ekspor PT. XYZ mengenai kerusakan produk lavatory A. Dampak dari produk rusak pada saat pengiriman ekspor, perushaan mengalami kerugian senilai lebih dari IDR 5.5 Milyar per shipment. Pengolahan data dan analisis dilakukan dengan fishbone diagram untuk menentukan faktor penyebab masalah. Peneliti mendapatkan 3 saran perbaikan dari Tim Packaging Engineering PT.XYZ yang telah melalui tahapan-tahapan proses engineering design dan juga diskusi dengan beberapa pihak yang berpengalaman dalam packaging material khusunya carton box seperti Global Tim Packaging Material PT.XYZ dan supplier carton box yaitu meningkatkan spesifikasi material carton box, menambahkan edge corner protector pada proses pengemasan produk per pallet, menambahkan styrofoam dalam setiap sudut carton box. Hasil perhitungan kenaikan investasi alternatif B - C menunjukan B/C < 1 kenaikan investasi tidak diinginkan. Berdasarkan perhitungan incremental analysis diatas dengan mempertimbangkan kenaikan investasi alternatif BC dan kenaikan investasi alternatif B-A, jika dilihat dari BCR kedua kenaikan investasi tersebut. Kenaikan investasi alternatif B A yaitu B/C 1 maka kenaikan tersebut menarik. Sehingga peneliti memilih saran perbaikan kedua yaitu dengan cara menambahkan Edge Corner Protector pada proses pengemasan produk per pallet. Karena dapat mengurangi cost IDR 25.704.740/kontainer, memberikan benefit sebesar IDR 25.704.740/kontainer dan benefit cost ratio sebesar 3.78.