Abstract:
PT. Lippo Cikarang, Tbk merupakan perusahaan yang berdiri awal tahun 1990 dan sahamnya telah tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia (d/l: Bursa Efek Jakarta) dengan mengusung misi “Menjadi pengembang kawasan perkotaan berbasis industri, komersial dan residensial terkemuka di Indonesia, melalui investasi di bidang infrastruktur, fasilitas publik dan perangkat manajemen perkotaan, untuk mempertahankan pangsa pasar, nilai tambah, marjin tinggi dan daya saing yang kuat dalam bisnis”. Persaingan ketat dalam dunia usaha bidang properti dan industri mendorong perusahaan untuk senantiasa menjaga citra di mata publik. Hal ini dilakukan dengan strategi-strategi tertentu, salah satunya adalah melalui Program Penghijauan berkala, Mini Nursery Program yang dilaksanakan pertama kali pada periode tahun 2009-2010. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program tersebut sebagai salah satu strategi Public Relations perusahaan dan hambatan-hambatan yang ditemui pada realisasi awal program.
Menurut teori, salah satu strategi komunikasi yang dapat dilakukan oleh Public Relations adalah melalui publicity untuk mendapatkan public awareness, understanding and concern. Teori ini kemudian menjadi dasar untuk melakukan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data utama dilakukan dengan in-depth interview terhadap empat narasumber yang kompeten dan memiliki kredibilitas.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Mini Nursery Program 2010 sebagai salah satu strategi Public Relations berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi peserta program dan bagi perusahaan. Beberapa kendala yang ditemui selama pelaksanaan program dinilai tidak mempengaruhi pelaksanaan program secara signifikan. Diharapkan program ini dapat berlanjut secara berkala, sehingga memberi semakin banyak manfaat bagi banyak pihak.