Abstract:
Kualitas layanan menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan bagi perusahaan yang beroprasi di bidang jasa. Perusahaan real estate yang bergerak dibidang building management, seperti penyewaan gedung dituntut untuk memberikan layanan berkualitas kepada tenant (penyewa). Sebagai perusahaan yang memiliki beberapa gedung, kondisi perusahaan sampai saat ini belum memakai sistem informasi yang terintegrasi dengan baik. Terdapat 16 tenant (penyewa) dan dalam proses pelayanan terhadap tenant (penyewa) masih sangat lambat. Seluruh proses kegiatan tenant (penyewa) seperti pekerjaan kontruksi ataupun mengeluarkan barang, tenant (penyewa) harus melalui proses perizinan perusahaan, dimana dalam pengajuan permohonan perizinan, dan pengajuan keluhan fasilitas building and utility memerlukan waktu yang relatif lama. Sering terjadinya kesalahan data dan pemrosesan data untuk penggunaan utility (air dan listrik). Dari permasalahan yang sering terjadi perusahaan memerlukan sebuah sistem informasi yang saling terintegrasi agar memudahkan tenant (penyewa) untuk mendapatkan informasi ataupun dalam melakukan proses kegiatan yang terkait dengan permohonan perizinan ataupun mengenai keluhan fasilitas building and utility. Dalam merancang sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur berupa DFD, ERD dan untuk mengimplementasikan sistem memakai istilah pemograman PHP dan database MySQL. Sehingga dengan adanya system informasi ini, dapat mempermudah tenant (penyewa) mendapatkan informasi dan sistem pelayanan yang diberikan perusahaan, sudah terkomputerisasi dan terintegrasi dengan baik.