Abstract:
Shock Absorber merupakan salah satu spare part kendaraan motor yang mempunyai tingkat penjualan tinggi untuk menunjang perusahaan penyedia kendaraan bermotor. PT KLM merupakan perusahaan pemasok shock absorber kendaraan bermotor untuk perusahaan milik asing di Indonesia yang disebut PT NOP. Pada penelitian ini ditemukan ketidakefisienan pengiriman produk, hal ini terlihat dari belum dioptimalkan utilisasi kapasitas muat truk dan volume truk. Saat ini utilisasi kapasitas muatan truk baru terpakai 42% yaitu dari total kapasitas muat truk 15 ton baru terpakai 6,3 ton. Sedangkan berdasarkan utilisasi kapasitas volume yang terpakai 48% yaitu dari total volume truk sebesar 38,9 m3 baru terpakai 18,6 m3. Selain utilisasi kapasitas muatan truk yang belum optimal, ditemukan juga tingginya frekuensi ritase pengiriman yang berdampak juga pada tingginya overtime dan keterlambatan pengiriman produk dikarenakan keterlambatan kedatangan truk balikan dari customer. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis merencanakan solusi untuk melakukan efisiensi ritase pengiriman ke PT NOP dengan peningkatan kapasitas peti truk di Departemen PPIC Warehouse Delivery PT KLM. Metode yang digunakan untuk pemecahan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan modifikasi double decker troli shock absorber tipe front fork dengan pendekatan DMAIC. Dengan perbaikan dalam penelitian ini maka berhasil meningkatkan utilisasi kapasitas muatan truk sebesar 19% dan utilisasi volume truk sebesar 22%.