Abstract:
Buah Pisang merupakan produk pertanian terbesar di Indonesia, permintaan akan
buah pisang selalu mengalami peningkatan baik di dalam negeri maupun di luar
negeri membawa nilai tambah tersendiri bagi Indonesia. Khusus nya di berbagai
daerah di Indonesia buah pisang diolah menjadi cemilan berupa keripik dengan
bentuk potongan bulat dan panjang, serta hanya memiliki varian rasa asin dan
manis. Pisang juga merupakan buah yang kaya akan manfaat, seperti kita tau
pada umum nya manfaat yang diberikan buah pisang mulai dari gizi yang terdapat
pada kandungan buah pisang, serta dapat menurunkan resiko terkena kanker,
asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
Saat ini pemerintah Indonesia sangat mendukung pengembangan produk kuliner
Indonesia agar para produsen kuliner di Indonesia khusus nya makanan ringan
bisa terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk Indonesia dengan citra
rasa yang khas dan menambah nilai jual bagi produk kuliner Indonesia. Data
Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 menunjukkan industri makanan dan
minuman menempati posisi pertama dengan jumlah 4.023 UKM. Data tersebut
menunjukkan pertumbuhan produksi industri (year on year) triwulan 1 2013 UKM
mengalami kenaikan di industri makanan sebesar 10,76% dan industri minuman
9,41%. Ini merupakan indikator bahwa industri makanan dan minuman yang
banyak dikerjakan UKM memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Industri
makanan dan minuman nasional tumbuh 9,82 persen atau sebesar Rp 192,69
triliun pada triwulan III 2016 (Tempo, 2016).
Eatme Banana Chips merupakan keripik pisang yang berbahan dasar pisang kepok
(Musa Paradisiaca Formatypica). Sehingga dalam operasionalnya kami akan
bekerjasama dengan para petani pisang di Lampung. Kelebihan Eatme Banana
Chips adalah dengan bentuk inovasi baru menggunakan bentuk bergerigi yang
unik dengan lima varian rasa premium yang berbeda membuat nilai tambah
tersendiri dari keripik pisang pada umum nya serta rasa yang beravariasi dan
sehat.
Target utama Eatme Banana Chips adalah pelajar dan mahasiswa untuk mencapai
target perusahaan, Eatme Banana Chips akan melakukan beberapa strategi
pemasaran Word Of Mouth (WOM), pemanfaatan media digital seperti instagram
ads, facebook ads, google ads, dan penggunaan website sebagai saluran
komunikasi. Untuk mejalankan bisnis ini berdasarkan perhitungan pembiayaan
total, modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp. 100.000.000,- dengan modal
sebesar itu Eatme Banana Chips akan memperoleh Rp. 598.004.500 ditahun
pertama, Rp. 1.476.455.500 ditahun kedua dan Rp. 2.961.412.900 ditahun ketiga.
Hal ini menunjukan bahwa Eatme Banana Chips merupakan bisnis yang potensial
untuk dijalankan.
Kata Kunci: Keripik Pisang Kepok, Keripik Pisang Berbagai Varian, Keripik
Pisang Coklat, Keripik Pisang Balado, Keripik Pisang Keju Susu, Keripik Pisang
Kekinian, Darat Itu Gak Seru, Kuliner Indonesia, Cintai Produk Indonesia,
Bangga Dengan Produk Indonesia