| dc.description.abstract |
Daya saing pariwisata disebuah wilayah saat ini telah menjadi perhatian banyak publik. Kota Banyuwangi telah melakukan revitalisasi pada kotanya dengan mengangkat potensi yang dimilikinya, namun tidak semua masyarakat mengetahui bahwa citra dari kota Banyuwangi telah lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi citra kota Banyuwangi sebagai salah satu destinasi unggulan. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan didistribusikan kepada masyarakat yang pernah mengunjungi kota Banyuwangi terhadap 155 responden.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang diolah menggunakan SPSS 16 dan metode analisis yang dihunakan ialah regresi linear berganda.Purpose samplingdigunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengambilan sample dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Variable yang diteliti yaitu Atraksi (X1), Budaya (X2), Fasilitas (X3), dan Peluang bisnis (X4), sebagai variable bebas dan Citra kota (Y) sebagai variable terikat. Disimpulkan bahwa variable bebas (atraksi, budaya, fasilitas dan peluang bisnis) dapat menjelaskan variable terikat (citra kota) sebesar 52,2 %. Hasil pada penelitian ini mengungkapkan bahwa variable independent (Atraksi, Budaya, Fasilitas dan Peluang bisnis) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap citra Kota Banyuwangi baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Diharapkan Penelitian ini berguna bagi pemerintah khususnya kota Banyuwangi yang dapat membentuk citra positif sebuah kota yang secara umum akan memberikan dampak bagi masyarakat. |
en_US |