dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada Giant Hypermarket Jababeka Cikarang) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung ke Giant Hypermarket Jababeka Cikarang dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang pengolahan diolah menggunakan program SPSS 23.0. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukan bahwa: variabel panca indera tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikasi 0.802 (<0,1), variabel perasaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikasi 0.001 (<0,1), variabel cara berpikir tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikasi 0.862 (<0,1), variabel gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikasi 0.272 (<0,1), sedangkan yang terakhir variabel relasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikasi 0.067 (<0,1). Secara simultan kelima variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan tabel koefisien korelasi diperoleh angka Adjusted R2 (Adjusted R square) sebesar 0,402. Hal ini menunjukkan persentase sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 40,2%, sedangkan sisanya sebesar 59,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini. |
en_US |