Abstract:
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kewirausahaan di Indonesia. Berita online (tempo.com) menjelaskan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan, jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 1,56 persen jauh dibawah jumlah kewirausahaan Negara-negara berkembang lainnya yang sudah berada diatas 2%. Hal ini otomatis bedampak pada lulusan mahasiswa yang ingin mencari kerja. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mencari faktor dominan yang berkontribusi terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Metodologi yang digunakan dalam penelitan ini adalah metodologi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 856 mahasiswa President University reguler pagi angkatan 2014 yang berkerwarganegaraan Indonesia. Sampel digunakan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat toleransi sebesar 10% yang menghasilkan nilai sampel minimum sebesar 90. Kuesioner disebarkan sebanyak 150 dan hanya 123 kuesioner yang dapat diproses lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan analisis multivariat, dalam hal ini digunakan Analisis Faktor. Hasil menunjukan bahwa terdapat dua faktor yang paling dominan yang berkontribusi terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Dua faktor tersebut dinamakan dengan “Motivasi Kewirausahaan” dan “Self-efficacy”.