Abstract:
Perkembangan teknologi memberikan dampak yang besar dalam dunia bisnis, seperti munculnya
perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Perubahan tersebut juga mendorong adanya
penyesuaian dalam penerapan maupun bidang keilmuan akuntansi. Oleh karena itu, pendidik
diharapkan dapat menyampaikan ilmu akuntansi dari segi konsep maupun penerapannya dalam
proses bisnis perusahaan. Untuk membantu penguasaan keterampilan ilmu akuntansi, pendidik dapat
menggunakan metode pengajaran berupa active learning yang memusatkan aktivitas kelas dalam
partisipasi aktif masing-masing siswa. Tujuan dalam kegiatan ini adalah peserta pelatihan mampu
menerapkan metode active learning yang tepat dalam materi-materi pembelajaran akuntansi di
SMA/SMK. Dalam pelaksanaan pelatihan, tiap-tiap peserta diajak untuk berdiskusi dan mencoba
menerapkan metode active learning. Selain itu, juga ditampilkan data terkait efektivitas pembelajaran
active learning yang ditunjukkan melalui peningkatan pemahaman siswa atas materi yang diajarkan.
Pembahasan metode active learning dalam kegiatan ini memberikan ide-ide baru pada peserta untuk
menyampaikan materi pelajaran dengan lebih bervariasi.
Description:
Academics in Action Journal, Volume 3, Number 1, 2021, 23--30.