Abstract:
Toko Roes Barber Supply merupakan salah satu UMKM yang menjual kebutuhan peralatan cukur rambut seperti sisir rambut, gunting rambut, mesin cukur yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Toko Roes Barber Supply memiliki masalah akan turunnya omset penjualan online dengan rata-rata penurunan sebesar 1,57% dari omset penjualan setiap bulannya. Berdasarkan hasil observasi, faktor penurunan omset penjulan penjualan disebabkan karena adanya minat produk yang rendah, penetapan harga produk, strategi distribusi, iklan pemasaran dan target pasar, serta hubungan dengan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang efektif agar omset penjualan online Toko Roes Barber Supply dapat meningkat. Untuk mencari solusi permasalahan dilakukan analisis marketing mix 9P (product, price, place, promotion, people, planning, partners, presentation, dan passion), SWOT, dan solusi bisnis melalui matriks IE. Dari seluruh hasil analisis disepakati bahwa metode strategi marketing mix 9P lah yang dapat diimplementasikan. Setelah implementasi strategi tersebut, didapatkan hasil yang baik yakni kenaikan 0,13% omset penjualan online. Penelitian ini diharapkan dengan strategi pemasaran yang telah dirumuskan dapat digunakan oleh Toko Roes Barber Supply untuk membantu membantu dalam mengatasi masalah-masalah tersebut di atas.