Abstract:
Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 9 elemen, yaitu Customer Segments
(Segmentasi Konsumen), Value Proposition (Proposisi Nilai Konsumen), Channels
(Saluran), Customer Relationship (Hubungan Konsumen), Revenue Streams (Sumber
Pendapatan), Key Activities (Aktivitas yang Dijalankan), Key Resource (Sumber Daya
Utama), Key Partnership (Kerja Sama), dan Cost Structure (Struktur Biaya) pada
Business Model Canvas (BMC) yang diterapkan oleh PT. Ghewantika Konstruksi
dalam menjalankan bisnis yang kemudian akan dianalisis masing-masing elemen
tersebut melalui pendekatan SWOT yang ditinjau dari strength (kekuatan), weakness
(kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) untuk mendapatkan
pembaharuan terhadap model bisnis yang telah diterapkan oleh perusahaan.
Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan teknik wawancara kepada 4 narasumber (pemilik,
engineer, keuangan, dan produksi), dokumentasi, serta observasi.
Hasil
Hasil penelitian menyatakan bahwa perusahaan telah memenuhi 9 elemen yang
terdapat pada Business Model Canvas (BMC) dan perusahaan perlu melakukan
pembaharuan terhadap penerapan Business Model Canvas (BMC) melalui hasil dari
perumusan pengembangan model bisnis.
Orisinalitas/Nilai
Penelitian mengenai Business Model Canvas (BMC) dengan analisis masing-masing
elemennya menggunakan SWOT relatif lebih sedikit. Penelitian ini juga mengisi
minimnya riset antara Business Model Canvas (BMC) dengan analisis SWOT pada
perusahaan konstruksi.