Abstract:
Green marketing dan citra merek adalah dua aspek penting dalam strategi
pemasaran yang memiliki dampak terhadap keputusan pembelian dan kepuasan
pelamggan, khususnya dalam industri kopi yang sangat kompetitif. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan citra merek terhadap
kepuasan pelanggan, dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening.
Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel
dipilih menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sebanyak
190 responden. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural
Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Green marketing memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian; 2) Citra Merek memiliki pengaruh positif
terhadap Keputusan pembelian; 3) Green marketing tidak berpengaruh positif
terhadap kepuasan pelanggan; 4) Citra merek tidak memiliki pengaruh positif
terhadap Kepuasan pelanggan; 5) Keputusan pembelian memiliki pengaruh positif
terhadap Kepuasan pelanggan; 6) Green marketing mampu memberikan efek
mediasi Kepuasan pelanggan terhadap Keputusan pembelian; 7) Citra merek
mampu memberikan efek mediasi Kepuasan pelanggan terhadap Keputusan
Pembelian.