Abstract:
Somethinc adalah produk kecantikan lokal yang terbilang masih muda, baru didirikan
pada tahun 2019. Meski tergolong brand baru, Somethinc meraih total penjualan
Rp53.2 miliar dari April – Juni 2022 dan berhasil menempati posisi pertama dalam
industriskincare. Untuk mempertahankan produk Somethinc sebagai produk terlaris di
e-commerce, perusahaan perlu melakukan penelitian faktor apa saja yang
menpengaruhi niat beli produk skincare. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh brand
ambassador, brand image dan harga terhadap niat beli. Dalam penelitian ini,
populasinya yaitu konsumen yang mengetahui dan atau sudah pernah membeli produk
skincare Somethinc di Indonesia. Data penelitian dikumpulkan melalui distribusi
kuesioner kepada responden dengan tautan Google Form. Sebanyak 161 responden
dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menerapkan metode non-probability sampling
dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengumpulan sampel.
Software SmartPLS 3 (Partial Least Square) digunakan untuk melakukan pengujian
statistik. Hasil analisis membuktikan bahwasanya variabel brand ambassador dan
harga memengaruhi niat beli secara positif dan signifikan. Sedangkan brand image
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli.