Abstract:
Helpdesk merupakan layanan yang menyediakan informasi dan dukungan bagi
pengguna komputer di perusahaan. Di era perkembangan teknologi informasi kebutuhan akan
peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja menjadi prioritas suatu perusahaan untuk
memberikan dukungan teknis. Seperti saat ini di perusahaan PT XYZ, banyaknya jumlah
keluhan yang masuk di bagian IT Support, penanganannya tidak optimal karena para unit lain
melakukan pelaporan menggunakan banyak jalur komunikasi tanpa adanya jalur komunikasi
yang jelas sehingga tidak adanya proses pencatatan, meskipun permasalahan dapat diselesaikan
namun memakan waktu yang cukup lama. dari permasalahan diatas penulis mencoba membuat
analisis dan perancangan sistem informasi helpdesk ticketing system yang dapat membantu staf
IT Support. Rancangan sistem dibuat dengan mengacu model pengembangan Rapid
Application Development (RAD), dan dengan dibuatnya sistem Helpdesk berbasis web dengan
menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQl diharapkan dapat membantu
mempermudah menyelesaikan permasalahan dalam pencatatan setiap keluhan user untuk
mempercepat proses penyelesaian keluhan user.