President University Repository

PENGARUH PERSEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN DEBAT, INFLUENCER SKILL DAN CITRA PARTAI PENGUSUNG TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH CALON PRESIDEN 2024

Show simple item record

dc.contributor.author Chairisa, Mega Vikia
dc.date.accessioned 2025-06-19T02:17:15Z
dc.date.available 2025-06-19T02:17:15Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/13007
dc.description.abstract Indonesia baru saja menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan umum calon presiden dan calon wakil presiden. Hal ini penting untuk menunjukan Indonesia adalah negara yang demokratis. Pada pemilu 2024 ini, kampanye dilakukan dengan berbagai cara untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Peneliti tertarik untuk meneliti beberapa variabel yang kiranya dapat mempengaruhi keputusan masyarakat Indonesia dalam memilih calon presiden. Karena beberapa moment yang viral saat penyelenggaraan debat capres menibulkan beragam persepsi dikalangan masyarakat, juga keterlibatan influencer sebagai tim sukses para kandidat yang selalu ikut meramaikam kampanye ke beberapa kota bahkan ikut mengunggah konten politik, dan pemberitaan terkait salah satu ketua partai yang dinilai tidak menghormati Presiden Indonesia sebalumnya. Membuat peneliti tergugah untuk melakukan penelitian terkait Persepsi Penonton Terhadap Tayangan debat, Influencer Skill dan Citra Partai Pengusung Terhadap Keputusan Memilih Capres 2024. Peneliti menggunakan 163 responden yang memenuhi syarat dari total 275 responden untuk mewakili populasi masyarakat Indonesia yang sudah pernah melakukan pemilu lebih dari 2x, memiliki media social dan pernah menonton debat capres 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan temuan yang signifikan. Pertama, persepsi penonton terhadap tayangan debat mempengaruhi keputusan memilih capres 2024. Kedua, citra partai pengusung mempengaruhi keputusan memilih capres 2024. Nemun, menariknya Influencer Skill tidak mempengaruhi keputusan memilih capres 2024. Tetapi secara simultan, ketiga variabel bebas yang diuji dalam penelitian ini berpengaruh terhadap keputusan memilih capres 2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Communication;009202005008
dc.subject Persepsi Penonton Terhadap Tayangan Debat en_US
dc.subject Influencer Skill en_US
dc.subject Citra Partai Pengusung en_US
dc.subject Keputusan Memilih Calon Presiden en_US
dc.title PENGARUH PERSEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN DEBAT, INFLUENCER SKILL DAN CITRA PARTAI PENGUSUNG TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH CALON PRESIDEN 2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account