Abstract:
Peran media sosial dalam sebuah perusahaan semakin dimaksimalkan sebagai bagian dari strategi public relations, terutama dalam upaya menyebarkan informasi sehingga membangun citra merek dan reputasi. Salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial dalam upaya meningkatkan citra mereknya adalah PT.Chemco HN. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations PT. Chemco HN dalam meningkatkan citra merek Nissin dengan menggunakan media sosial facebook dengan menggunakan analisis sembilan tahap public relations oleh Ronald D Smith. Teori yang digunakan adalah strategi public relations, brand image, dan media sosial khususnya penggunaan facebook sebagai alat baru dalam membangun citra merek perusahaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deksriptif dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian diperoleh dengan melakukan observasi langsung dengan mengamati facebook samurai brake Nissin dan wawancara yang dilakukan secara terstruktur. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa PT. Chemco HN membuat facebook dengan fans pages samurai brake Nissin sebagai strategi dalam membangun brand image Nissin. Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan analisis situasi sampai dengan evaluasi untuk mengetahui penggunaan facebook berhasil atau tidak dalam memperkenalkan Nissin kepada masyarakat luas.