Abstract:
Penelitian ini dilakukan terkait dengan kemunculan iklan smartphone OPPO seri terbaru, Oppo F3 Plus yang diperankan oleh Raisa dan Isyana. OPPO sebagai merk smartphone yang masih terbilang baru, namun dapat mengungguli merk besar seperti Samsung dan dapat masuk kedalam 5 besar merk smartphone di Indonesia di kuartal III 2017. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tanggapan mahasiswa Universitas President terhadap endorser dalam iklan OPPO F3 Plus. (2) Untuk mengetahui tanggapan mahasiswa Universitas
President terhadap daya tarik iklan dalam iklan OPPO F3 Plus. (3) Untuk mengetahui tanggapan mahasiswa Universitas President terhadap isi pesan dalam iklan OPPO F3 Plus. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu
teori stimulus-organism-respone (S-O-R). Teori ini mengasumsikan bahwa stimulus yang diterima oleh individu akan menghasilkan respon yang berbeda pula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
deskriptif. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner yang didistribusikan kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas President. Responden penelitian ditentukan secara random sampling. Data yang dikumpulkan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan tanggapan yang positif (tinggi) pada endorser, daya tarik iklan, dan isi pesan dalam iklan OPPO F3 Plus.