Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Permasalahan penelitian ini adalah nasabah memerlukan layanan transaksi perbankan yang dapat menunjang kegiatan yang membutuhkan mobilitas tinggi. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis keputusan pembelian menggunakan M-Banking dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu kemudahan penggunaan, kenyamanan, keamanan dan ketersediaan fitur. Penelitian ini menggunakan sampel 100 orang mahasiswa reguler malam President University 2014 yang merupakan nasabah perbankan yang menyediakan layanan M-Banking. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan data yaitu secara parsial variabel kemudahan penggunaan, kenyamanan dan keamanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian namun ketersediaan fitur tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan M-Banking. Secara simultan semua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan M-Banking dengan nilai koefisien korelasi adjusted R square sebesar 48,1%, hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 48,1%.