Abstract:
Berbelanja Online pada masa ini bukan hal yang baru lagi. Berbagai macam advertising dilakukan oleh penjual online salah satunya melakukan pemberian barang yang ditampilkan. Masyarakat akan merasa tertarik terhadap apa yang ditampilkan. Persepsi seseorang pada saat melihat gambar akan berbeda-beda sehingga daya tarik pun akan berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang membeli barang endorse Sandra Dewi di Instagram sehingga online shop dapat mengetahui persepsi yang dirasakan oleh pembeli. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan obsservasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa dalam pembelian barang endorse Sandra Dewi menunjukan bahwa Sandra dewi sebagai fokus utama sehingga faktor yang paling besar adalah Sandra Dewi. Ada pula faktor – faktor lain yaitu faktor internal dan eksternal yaitu minat, perhatian, pengalaman, kebutuhan searah, suasana hati, serta warna, ukuran gambar, intensitas dan kekuatan dari stimulus menjadi faktor – faktor yang membentuk persepsi mereka dalam pembelian barang Endorse Sandra Dewi