Abstract:
USAHA
HARACOPY adalah perusahaan startup yang bergerak di bidang
pemasaran kreatif digital secara offline ataupun online yang menyasar kalangan
muda sebagai target pasarnya, secara khusus para mahasiwa S1 yang kisaran
umurnya antara 17 – 24 tahun di area Jawa Barat.
Detail jasa yang ditawarkan dari pemasaran kreatif digital secara offline
adalah dengan memasang iklan dibalik kertas yang nantinya digunakan oleh para
mahasiswa yang menggunakan jasa self-service print/cetak dan photocopy secara
gratis. Dengan begitu ketika nantinya yang di print/cetak ataupun diphotocopy
adalah materi kuliah, maka setiap mahasiswa itu mempelajari materi kuliah
tersebut, secara otomatis mahasiswa melihat secara terus-menerus iklan yang
ditampilkan dibalik kertasnya. Selama materi itu digunakan, maka selama itu
iklan tersebut bisa mempengaruhi mahasiswa tersebut.
Selain itu, pemasaran kreatif digital secara offline lainnya yaitu berupa
poster-poster iklan yang ditempelkan di depan mesin fotocopy yang digunakan
untuk print/cetak, scan dan photocopy. Sehingga setiap ada mahasiswa yang
menggunakan jasa print/cetak, scan dan photocopy diharapkan melihat dan
terpengaruhi secara tidak langsung oleh poster iklan yang terpasasang didepanya.
Sedangkan pemasaran kreatif digital secara online dilakukan lebih
menarik dengan menampilkan VTR (Video Tape Recorder) yang diputar di
HARACOPY Channel pada monitor dengan ukuran sekitar 40” yang dipasang di
depan mesin fotocopy yang digunakan untuk print/cetak, scan dan photocopy.
Tujuannya sama seperti poster, bahkan akan lebih menarik perhatian dikarenakan
berbentuk video yang setiap kontennya akan membuat penasaran konsumen.
xv
Selain itu, pemasaran kreatif digital secara online lainnya yaitu
iklan-iklan yang ditampilkan ketika mahasiswa melakukan login di aplikasi
HARACOPY ataupun di media sosial resmi HARACOPY. Aplikasi ini sifatnya
wajib dikarenakan untuk memastikan yang menggunakan adalah mahasiswa yang
terdaftar dan layak untuk mendpatkan faasilitas print/cetak, scan dan photocopy
GRATIS.
Bisnis HARACOPY ini dimasa depan mentargetkan akan ada si setiap
universitas / perguruan tinggi di Indonesia. Dengan tahap awal akan dibuka di 3
Universitas di sekitar Jawa Barat yaitu Universitas Presiden, Universitas Pelita
Bangsa dan Institut Teknologi Sains Bandung.
Lokasi booth HARACOPY yang dipilih adalah lobby dari setiap kampus
tersebut dengan asumsi banyak mahasiswa yang lalu-lalang melihat, tertarik pada
booth HARACOPY dan akhirnya mencoba untuk menggunakan jasa print/cetak,
scan dan photocopy GRATIS.
Modal awal yang diperlukan untuk launching usaha HARACOPY ini
adalah Rp. 200.000.000,- yang akan didapat dari tabungan pribadi sebesar Rp.
50.000.000,- .Sisanya sebesar Rp. 150.000.000,- bisa didapat dari pengajuan
proposal kepada para partner / investor / instansi permodalan yang bisa dibagi 3,
masing-masing Rp. 50.000.000,- yang memungkinkan untuk bisa bekerja sama
dalam mengembangkan usaha HARACOPY ini.