Abstract:
Karyawan shipping department PT Asianet Spring Indonesia, perusahaan manufaktur yang memproduksi suku
cadang elektronik dan otomotif menggunakan Whatsapp Messenger sebagai media komunikasi bekerja sehari hari, dimana pengiriman barang tepat waktu sesuai pesanan konsumen merupakan prioritas dari departemen ini.
Dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif dan Teori Kesempurnaan Media, jurnal ini hendak
mengetahui alasan mengapa WhatsApp Messenger dipilih sebagai media komunikasi dalam proses pengiriman
barang di shipping department, serta bagaimana WhatsApp Messenger mempengaruhi proses pengiriman barang
di shipping department. Berdasarkan analisa data yang diperoleh dari interview terhadap 10 narasumber dan
pengamatan percakapan di Whatsapp Messenger selama 30 hari, didapatkan bahwa Whatsapp Messenger dipilih
karena mudah diakses dengan hanya mendaftar dengan nomor ponsel. Selain itu fitur bebas panggilan, bebas
panggilan video, pengiriman gambar hingga 10 gambar sekaligus dan kemampuan membagikan keberadaan lokasi
saat ini merupakan beberapa alasan utama dipilihnya Whatsapp Messenger. Sejak menggunakan Whatsapp
Messenger ini pengiriman barang menjadi lebih mudah dipantau dan target pengiriman barang selalu tercapai,
serta biaya komunikasi yang dikeluarkan dapat lebih ditekan. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa
Whatsapp Messenger merupakan media komunikasi yang pilihan karyawan shipping department yang mampu
meningkatkan produktivitas dan pencapaian target pengiriman barang.