President University Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN PT XYZ TERHADAP LAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN BERKALA

Show simple item record

dc.contributor.author Winarto, Budi
dc.date.accessioned 2020-10-30T03:53:07Z
dc.date.available 2020-10-30T03:53:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/3157
dc.description.abstract Pemeriksaan kesehatan berkala adalah merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Kesehatan RI No. 23 Th 1992, namun tingkat kehadiran peserta dalam mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala di PT XYZ hanya 37%, sehingga hal tersebut menjadi permasalahan bagi perusahaan dalam rangka menyusun annual budgeting khususnya mengenai penetapan premi asuransi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mengacu pada teori Parasuraman tentang SERVQUAL yang meliputi dimensi tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan empathy, serta pengetahuan pada teori (Notoatmodjo, 2003) terhadap kepuasan karyawan. Penelitian ini melibatkan 366 orang responden yang merupakan karyawan tetap PT XYZ. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden pada bulan Mei 2014. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan F test, 4 (empat) variabel berpengaruh positif dan signifikan yakni dibawah angka 0.05 dan secara parsial yang berpengaruh tertinggi adalah variabel pengetahuan dengan nilai Beta=0.326 dan Sig.=0.000, kemudian tangible (Beta=0.65) dan Sig.=0.044, selanjutnya reliability (Beta=0.034) dan Sig.=0.639, terakhir assurance dengan nilai (Beta= -0.164) dan Sig.=0.009. Sementara 2 (dua) variabel responsiveness dan emphaty tidak memenuhi persyaratan uji validitas dan reliabilitas sehingga tidak disertakan pada pengujian selanjutnya. Berdasarkan tabel Adjusted R Square diperoleh angka sebesar 0.239 atau 23,9 %, hal ini menunjukan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 23.9 %, sedangkan sisanya sebesar 76.1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini, oleh sebab itu pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain tersebut seperti attitudes, accessibility dan profesionalism. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Business Administration;015201000101
dc.subject Tangible en_US
dc.subject Reliability en_US
dc.subject Assurance en_US
dc.subject attitudes en_US
dc.subject accessibility en_US
dc.subject profesionalism en_US
dc.subject kepuasan karyawan en_US
dc.subject kualitas layanan en_US
dc.subject pengetahuan en_US
dc.subject annual budgeting en_US
dc.subject SERVQUAL en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN PT XYZ TERHADAP LAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN BERKALA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account