Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas komunikasi korporat dalam membentuk dan meningkatkan citra perusahaan yang kini semakin berkembang. Komunikasi korporat selalu memiliki strategi dalam melaksanakan kegiatannya, termasuk dalam membangun hubungan baik dengan media. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Kegiatan Media Relations Komunikasi Korporat PT Kalbe Farma "Studi Kasus : Program Tantangan Sehat Untuk Wartawan". Penelitian ini menerapkan paradigma interpretivisme dengan pendekatan deskriptif kualitatif, karena peneliti ingin mengungkapkan fakta-fakta dan keadaan yang terjadi dalam aktivitas media relations yang dilakukan komunikasi korporat Kalbe. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut. Penelitian ini memaparkan strategi komunikasi korporat PT Kalbe Farma melalui kegiatan Media Relations yaitu Program Tantangan Sehat Untuk Wartawan. Hasilnya antara lain Kalbe mampu memberikan pemberitaan yang berimbang untuk publiknya, karena wartawan diajak terlibat langsung dalam semua kegiatan media relations dan didukung oleh narasumber yang ahli di bidangnya, Kalbe juga berhasil membangun keterikatan emosional antara media dengan perusahaan melalui kegiatan beberapa kegiatan media relations diantaranya Press Release, Press Conference, Media Workshop, Media Visit, Media Outing dan Program Tantangan Sehat Untuk Wartawan.