Abstract:
Dengan semakin berkembangnya industri aplikasi Ride Sharing mengakibatkan persaingan
sengit antara perusahaan berbasis aplikasi maupun angkutan umum konvensional.
Berakibat pada gencarnya berbagai pihak untuk menjatuhkan pihak lawan baik dalam
segi kelemahan dalam perizinan, skandal kasus dan sebagainya. Diantara kota kecil
yang menjadi target pasar Grab ialah Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Dari dasar
tersebut dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Image
menggunakan tiga variabel dependen yaitu Kualitas Produk, Asosiasi Merek, dan
Loyalitas Merek secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Grab di
Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif
melalui pendekatan analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data menggunakan
kuisioner kepada 150 responden sebagai sampel, kriteria responden yang pernah
menggunakan aplikasi Grab di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Kualitas produk, asosiasi merek, dan loyalitas merek secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Grab di Kota
Tarakan, Kalimantan Utara. (2) variabel brand image yang meliputi kualitas produk,
asosiasi merek dan loyalitas merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pelanggan Grab di kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Pertimbangan utama pelanggan memutuskan untuk membeli sudah terpenuhi, terutama
dengan terpenuhinya variabel kualitas produk, asosiasi merek dan loyalitas merek
sebesar 77,2%, dari variabel keputusan pembelian.