Abstract:
Apartemen merupakan salah satu indikator meningkatnya perekonomian dan
jumlah penduduk di kota-kota besar di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi
oleh pembangunan apartemen pada dekade terakhir di Cikarang, yang mengalami
peningkatan sangat pesat dan adanya persaingan bisnis apartemen yang semakin
ketat di Cikarang ini. Hal ini membuat para pelaku bisnis apartemen berlombalomba
memberikan apartemen dengan kualitas dalam semua aspek apartemen
yang terbaik. Penelitian ini menguji 4 variabel independen (lokasi, fasilitas,
perceived value dan harga) terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan
untuk meneliti pengaruh keempat variabel tersebut terhadap keputusan pembelian
apartemen (studi pada Apartemen Chadstone di Cikarang). Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik non probability sample
yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada pembeli dan calon pembeli
apartemen sebanyak 125 responden di Chadstone Cikarang. Metode analisis data
ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dengan alat uji statistik
SPSS, analisa ini digunakan untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu
variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa variabel lokasi dan fasilitas apartemen memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel perceived value dan harga
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
apartemen di Chadstone Cikarang.