Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui sejauh mana
pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap
keputusan pembelian. Studi kasus penelitian ini adalah Throwback Coffee +
Kitchen di Cikarang. Populasi yang ada pada penelitian ini adalah warga
Cikarang dan sekitarnya yang pernah berkunjung ke café tersebut. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random
Sampling sebesar 115 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder dengan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Analisa
yang dilakukan menggunakan analisis data kuantitatif meliputi uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis
koefisien determinasi ( ). Berdasarkan uji data secara parsial (uji t)
menyatakan bahwa variabel kualitas produk dan kepuasan pelanggan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti
semakin baik kualitas produk dan kepuasan pelanggan, akan meningkatkan
keputusan pembelian. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai koefisien determinasi ( ) adalah 0,477 atau 47,7% dipengaruhi oleh
kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Sisanya yaitu
52,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya. Secara parsial, yang
mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas produk dan kepuasan
pelanggan. Sedangkan secara simultan, kualitas produk, kualitas pelayanan dan
kepuasan pelanggan secara bersama - sama mempengaruhi keputusan
pembelian. Maka dari itu, Throwback Coffee + Kitchen harus memperhatikan
variabel-variabel tersebut karena berpengaruh terhadap keputusan pembelian.