Abstract:
Saat ini persaingan yang dihadapi oleh pelaku usaha untuk mencapai tujuan sangatlah
ketat. Dalam hal itu pelaku usaha harus bisa membuat sesuatu yang berbeda melalui
bauran pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan karena adanya penurunan penjualan di
Kedai Ayam Bedjo Bogor. Penurunan penjualan terjadi karena rendahnya minat beli
dan keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, lokasi, proses, dan suasana toko
terhadap keputusan pembelian di Kedai Ayam Bedjo Bogor. Metode analisa yang
digunakan adalah analisa kuantitatif. Penelitian ini menggunakan produk, lokasi,
proses, dan suasana toko sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai
variabel terikat. Analisa meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji
regresi linear berganda, uji hipotesis f dan t, serta analisa koefisien determinasi (R²).
Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Populasi penelitian
ini adalah konsumen Kedai Ayam Bedjo. Sampel yang digunakan adalah konsumen
Kedai Ayam Bedjo yang berjumlah 95 orang. Pengambilan sampel menggunakan
metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data
dengan kuesioner dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini
diketahui bahwa variabel proses dan suasana toko berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian sedangkan variabel produk dan lokasi tidak berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan pembelian di Kedai Ayam Bedjo Bogor. Secara simultan
variabel produk, lokasi, proses, dan suasan toko berpengaruh terhadap keputusan
pembelian di Kedai Ayam Bedjo Bogor.