Abstract:
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang meningkatkan perekonomian negara. Banten merupakan salah satu
provinsi di Indonesia yang berpotensi untuk mengembangkan sektor pariwisata karena Banten memiliki Kawasan Ekonomi
Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Dengan ditetapkannya KEK, pemerintah memberikan target kepada PT Banten West Java
Tourism Development selaku pengelola Tanjung Lesung untuk mendatangkan 6 juta wisatawan dalam waktu 5 tahun
setelah diresmikannya KEK. Sebagai pengelola PT Banten West Java Tourism Development tentu melakukan berbagai
macam strategi yang dilakukan. Maka dari itu penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi public relations yang digunakan
oleh PT Banten West Java Tourism Development untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanjung Lesung.
Penelitian ini mengacu pada model perencanaan dari Ronald D. Smith yang biasa disebut dengan “The Nine Steps of
Strategic Public Relations” untuk menganalisis. Adapun langkah yang dilakukan dimulai dengan riset formatif,strategi,taktik
dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara, observasi dan
studi pada dokumen terkait Tanjung Lesung. Hasil dari pengolahan data dengan metodologi kualitatif deskriptif
memberikan jawaban bagaimana strategi public relations yang digunakan oleh PT Banten West Java Tourism Development.
Strategi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi proaktif.