Abstract:
Salah satu keberhasilan dalam bidang usaha tertentu adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, sebab hal tersebut akan mempengaruhi dan berperan sangat penting sebagai sumber informasi untuk membujuk dan mengingatkan calon konsumennya terhadap produk yang dipasarkan. Penelitan ini dilakukan mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui kerangka PENCILS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis studi kasus sedangkan data yang diperoleh melalui teknik wawancara secara mendalam guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara detai. Tujuan penelitan ini dilakukan adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan terhadap konsumen dengan menggunakan teori kerangka PENCILS yang dilakukan di Cafe DEBOX. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa Cafe DEBOX melakukan setiap kegiatan Publications melalui sosial media instagram, dan kekuatan publikasi dari mulut ke mulut, melakukan Event secara berkala yaitu reguler event yang dilaksanakan hampir setiap hari sedangkan special event dilaksanakan dalam moment tertentu, membuat News untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan yang melibatkan awak media online, melakukan Community Involvement yaitu kegiatan yang melibatkan komunitas tertentu, membuat Identity Media yang unik dalam hal logo, seragam maupun atribut pendukung lainnya untuk menunjukan identias Cafe DEBOX, melakukan Lobbying terhadap mitra kerja dengan cara pendekatan melalui komunikasi yang baik, serta melakukan Social Invesment dengan cara berpartisipasi dengan kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat sekitar.