President University Repository

THE IMPLEMENTATION OF JAPAN'S TOURISM STRATEGY IN ATTRACTING MUSLIM TOURISTS FROM INDONESIA (2013-2016)

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Asticha Yulia
dc.date.accessioned 2022-08-19T04:06:40Z
dc.date.available 2022-08-19T04:06:40Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/9481
dc.description.abstract Pariwisata telah menjadi salah satu industri jasa dengan pendapatan yang menjanjikan di beberapa negara, terutama jika negara tersebut memiliki warisan nasional yang unik atau tempat yang dapat menarik wisatawan. Meningkatnya kunjungan wisatawan muslim membuat pemerintah Jepang melihat peluang yang baik dan mulai menerapkan wisata halal. Wisata halal Jepang yang dilakukan oleh Japan National Tourism Organization (JNTO) sebagai organisasi pariwisata nasional yang berada di bawah Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT), dan menyadari jika wisatawan Indonesia dapat menjadi pasar besar yang potensial untuk mempromosikan pariwisata Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diplomasi publik Jepang dalam promosi pariwisatanya dan menjelaskan strategi atraksi Jepang dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Muslim Indonesia menggunakan pariwisata Halal pada tahun 2013-2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dan pengumpulan data menggunakan penelitian berbasis internet dan penelitian berbasis dokumen. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti akan menggunakan konsep diplomasi publik dan diplomasi budaya untuk menjelaskan tentang upaya dari Jepang mempraktikkan daya tariknya dalam melakukan promosi pariwisata ke Indonesia. Hasil penelitian mengungkapkan strategi pariwisata Jepang dalam menarik wisatawan muslim Indonesia dengan menggunakan wisata halal. Pemerintah Jepang mempromosikan wisata halal karena melihat potensi besar dalam industri ini dan menyadari minat wisatawan Muslim dari seluruh dunia. Jepang telah mengambil langkah signifikan untuk mengembangkan industri wisata halalnya, antara lain penetapan konsep restoran halal, tempat ibadah di bandara, fasilitas halal, dan kebijakan yang mendukung peningkatan jumlah wisatawan asing dari Indonesia. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher PRESIDENT UNIVERSITY en_US
dc.relation.ispartofseries International Relations;016201705008
dc.subject Pariwisata Jepang en_US
dc.subject Pariwisata Halal en_US
dc.subject Kebijakan Pariwisata en_US
dc.subject Diplomasi Publik en_US
dc.subject Diplomasi Budaya en_US
dc.title THE IMPLEMENTATION OF JAPAN'S TOURISM STRATEGY IN ATTRACTING MUSLIM TOURISTS FROM INDONESIA (2013-2016) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account