Abstract:
BPJS dalam kaitannya dengan Kesehatan Nasional Sistem Jaminan Kesehatan
(SJSN) adalah untuk menjamin agar peserta mendapatkan jaminan pemeliharaan
kesehatan dan perlindungan yang memadai untuk memenuhi standar minimal
kesehatan yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara
empiris faktor- faktor yang memengaruhi minat menjadi peserta BPJS Kesehatan
dengan variable pengaruh kualitas layanan, promosi, premi, sikap, perceived
behavioral control dan norma subyektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua orang yang telah terdaftar mengikuti studi BPJS
Kesehatan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tehnik analisis data
yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan bantuan program
olah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan,
promosi dan perceived behavioral control secara bersama-sama atau simultan tidak
berpengaruh terhadap minat menjadi peseta BPJS kesehatan. Sedangkan premi,
sikap dan norma subyektif berpengaruh terhadap minat menjadi peseta BPJS
kesehatan. Variabel independen ini mampu menjelaskan variabel dependen sebesar
73.1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.