Abstract:
Kepuasaan pelanggan adalah target utama dari setiap bisnis yang dimana juga
menjadi salah satu Key Performance Indicator (KPI) di dalam suatu bisnis industri
atau manufaktur saat ini, salah satu poin terpenting yang diharapkan pelanggan
yaitu On Time Delivery atau pengiriman tepat waktu. PT Manufaktur Metal yang
memproduksi baut pengikat atau fastener melakukan segala upaya demi
memberikan kepuasan pelanggan. Adapun saat ini masih adanya ditemukan
permasalahan terkait pengiriman yang terlambat sampai ke pelanggan. Beberapa
faktor penyebab keterlambatan pengiriman di observasi dan dianalisis lebih lanjut
untuk mendapatkan identifikasi masalah secara detail. Dari masalah tersebut
dilakukan aktifitas perbaikan untuk menanggulangi kasus keterlambatan
pengiriman dengan metode Business Process Improvement (BPI) serta
dilakukannya simulasi Business Process Modeling Notation (BPMN). Singkatnya
untuk perbaikan yang dilakukan dengan membuat master data menggunakan
microsoft excel yang diekspor dari sistem SAP dengan menggunakan beberapa
rumus yang ada di excel untuk proses pengontrolan Purchase Order atau
permintaan barang yang diterima dari pelanggan bertujuan untuk dapat terkontrol
dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan keterlambatan pengiriman
karena permintaan barang dari pelanggan yang tidak terkontrol dengan baik. Dari
hasil perbaikan tersebut didapatkan hilangnya kasus keterlambatan pengiriman dari
yang sebelumnya ditemukan ada rata-rata 3 kasus keterlambatan pengiriman, saat
ini tidak ada lagi ditemukan keterlambatan pengiriman barang jadi. Serta penurunan
waktu proses pengontrolan permintaan barang dari pelanggan dari yang
sebelumnya rata-rata proses mencapai waktu 56 menit dengan waktu standar 60
menit turun menjadi rata-rata waktu yang dibutuhkan hanya menit saja sehingga
didapatkan proses yang lebih mudah dan lebih cepat.