President University Repository

PERBAIKAN PROSES BISNIS PENAGIHAN INVOICE PURCHASE ORDER (PO) KEPADA PELANGGAN DENGAN METODOLOGI BPI

Show simple item record

dc.contributor.author Khuzainy, Robby Awal
dc.date.accessioned 2025-05-22T02:29:27Z
dc.date.available 2025-05-22T02:29:27Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/12785
dc.description.abstract PT SJT dalam bidang general contraktor saat ini menghadapi masalah dalam proses bisnisnya terkait adanya case pengembalian invoice saat proses penagihan oleh pelanggan yang dilakukan oleh staff marketing. Penelitian ini bertujuan untuk merngertahuir, mernerntukan faktor pernyerbab berrtambahnya waktu prosers, serta mengurangi waktu proses penagihan invoice PO kepada pelanggan. Metodelogi yang digunakan mencangkup, penerapan business process improvement (BPI) dan melakukan simulasi business process modeling notation (BPMN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BPI berhasil mengurangi waktu proses pembuatan dan penagihan invoice PO kepada pelanggan menjadi 1HK dengan rata-rata waktu kerja 8jam kerja. Dimana pembuatan invoice selama 10 menit dan dilanjutkan visit ke kantor pelanggan untuk penagihan, dibandingkan sebelum perbaikan dengan waktu rata-rata 5HK atau 5x24 jam. KPI juga mengalami peningkatan dan mencapai target dari yang sebelumnya 66% menjadi 100% sehingga sudah sesuai dengan target perusahaan. Pada kasus keterlambatan penagihan invoice PO dengan frekuensi rata-rata 2 kali dalam sebulan sudah tidak terjadi. Hal ini menandakan keberhasilan penghapusan duplikasi pada proses bisnis penagihan ulang invoice PO kepada pelanggan karena kesalahan pada proses pembuatan invoice PO. Implikasi dari temuan ini menyarankan penerapan SDLC untuk integrasikan proses bisnis dengan ERP sistem. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Industrial Engineering;004202005010
dc.subject Metode BPI en_US
dc.subject RCA en_US
dc.subject SMART en_US
dc.subject 5W+1H en_US
dc.subject pemodelan BPMN en_US
dc.subject perbaikan proses bisnis en_US
dc.title PERBAIKAN PROSES BISNIS PENAGIHAN INVOICE PURCHASE ORDER (PO) KEPADA PELANGGAN DENGAN METODOLOGI BPI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account