Abstract:
PT. XYZ merupakan perusahaan jasa pemotongan dan pemasangan batu alam yang
terletak di Bogor, perusahaan tersebut menghasilkan produk dan jasa yang
digunakan langsung oleh end user atau konsumen. Oleh sebab itu kepuasan
pelanggan atau konsumen sangatlah penting bagi perusahaan untuk bertahan dalam
persaingan industri. Untuk mencapai kepuasan pelanggan yang diinginkan masalah
kualitas sangatlah berpengaruh. Namun perusahaan masih memiliki kualitas yang
belum dikatakan maksimal karena masih banyaknya produk yang mengalami defect
22% dari produksi Dengan adanya defect yang terjadi membuat perusahaan
melakukan control dan perawatan secara berkala, perawatan secara berkala
menyebabkan perusahaan mengalami kenaikan biaya produksi dan kepuasan
pelanggan untuk membeli menjadi berkurang. Untuk meningkatkan kualitas
peneliti menggunakan teknik-teknik seperti observasi, wawancara, dan analisis
dokumen untuk mengumpulkan data tentang fenomena atau peristiwa yang diteliti.
Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan
DMAIC (Define Measure Analyze Improve Control). Hasil penelitian yang
dilakukan, Perbaikan yang dilakukan mampu memperpanjang waktu dalam
melakukan perawatan terhadap batu granit. Biaya yang dikeluarkan perusahaan
sebelum dilakukan nya perbaikan selama 1 tahun sebesar Rp.1.495.987.600 untuk
produksi 9216 pcs dan defect 2083 dengan biaya perawatan ulang Rp.275.789.200
dan biaya yang dikeluarkan perusahaan setelah dilakukan nya perbaikan sebesar
Rp.1.825.001.600 untuk 13629 pcs produk dan defect 155pcs atau 1.1% dengan
biaya Rp.20.522.000. Dari Perbaikan yang dilakukan mampu memperpanjang
waktu dalam melakukan perawatan terhadap batu granit dan kepuasan pelanggan
menjadi terpenuhi.