Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh
edukasi influencer mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Gen-Z di
Jabodetabek; (2) mengetahui seberapa besar pengaruh keputusan investasi saham
mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Gen-Z di Jabodetabek; (3)
mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik konten investasi saham terhadap
perilaku Gen-Z di Jabodetabek; (4) mengetahui seberapa besar pengaruh edukasi
influencer saham, keputusan investasi saham, dan daya tarik konten investasi saham
terhadap perilaku Gen-Z di Jabodetabek.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan populasi
Gen-Z di Jabodetabek. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner
dengan skala likert sebagai acuan. Dilanjutkan dengan pengujian yang
menggunakan Teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis linear
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) edukasi influencer tidak
mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Gen-Z di Jabodetabek; (2) keputusan
investasi saham mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Gen-Z di
Jabodetabek; (3) daya tarik konten investasi saham tidak mempengaruhi perilaku
Gen-Z di Jabodetabek; (4) edukasi influencer saham, keputusan investasi saham,
dan daya tarik konten investasi saham mempengaruhi perilaku Gen-Z di
Jabodetabek sebesar 23,4%.