President University Repository

REMAHAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIAJI RENGGINANG

Show simple item record

dc.contributor.author Yovianti, Shinta Dwi
dc.date.accessioned 2021-09-27T03:46:11Z
dc.date.available 2021-09-27T03:46:11Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/4450
dc.description.abstract Maraknya persaingan bisnis di Indonesia ternyata tidak menutup kemungkinan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masuk ke dalam pangsa pasar yang besar. UMKM pada dasarnya dianggap sebagai usaha kecil yang menargetkan masyarakat dengan penghasilan menengah, tetapi seiring berjalannya waktu dimana semakin canggihnya teknologi, UMKM mampu meningkatkan brand awareness-nya kepada publik, salah satunya yaitu Biaji Rengginang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Biaji Rengginang dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian kualitatif studi kasus ini menggunakan paradigma konstruktivis. Partisipan yang dipilih adalah pemilik usaha serta reseller dari usaha tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biaji Rengginang sebelum memulai usahanya telah menganalisis situasi terlebih dahulu, pada saat itu belum ada yang menjual rengginang secara online, terlebih lagi camilan unik dengan rasa pedas sedang menjadi incaran para publik, sehingga Raka (CEO Biaji Rengginang) berinovasi untuk menjual rengginang dalam bentuk kecil dan memiliki dua varian rasa yaitu pedas dan cokelat. Hal tersebut memikat perhatian media massa sehingga Biaji Rengginang sempat diliput oleh beberapa media mulai dari NET. hingga Trans7 dalam acara Hitam Putih. Biaji Rengginang juga menetapkan wanita yang berusia 19-30 tahun dengan domisili di sekitar Jawa untuk menjadi audiens sasarannya. Tujuan komunikasi dari Biaji Rengginang yaitu meningkatkan brand awareness, serta dengan bermodalkan Rp. 1.500.000 untuk anggaran komunikasi pemasarannya. Elemen bauran pemasaran yang digunakan yaitu iklan di media sosial, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, serta pemasaran getok tular. Adapun hambatan yang dialami oleh Biaji Rengginang mulai dari faktor cuaca hingga kurangnya hubungan dengan reseller. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Communication;009201605009
dc.subject Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu en_US
dc.subject Brand Awareness en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.title REMAHAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIAJI RENGGINANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account