Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kondisi (lingkungan) pembelajaran, metode pembelajaran, hasil pembelajaran terhadap kepuasan mahasiswa kelas ekstensi manajemen angkatan 2014 di Kampus President University, Cikarang. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 83 mahasiswa yang diobservasi dengan metode penelitian kuantitatif untuk diuji hipotesis parsial (uji t) dan hipotesis simultan (uji F) serta uji koesfisien determinasi (uji tingkat kekuatan partisipasi antara variabel bebas dan variabel terikat). Hasil uji t parsialnya adalah dari tiga variabel bebas, hanya variabel Hasil Pembelajaran saja yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Sedangkan untuk uji F simultannya variabel kondisi (lingkungan) pembelajaran, metode pembelajaran, hasil pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (dengan tingkat partisipasi antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0,49 atau 49%, sisanya 51 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini.