dc.description.abstract |
Ayu Snack merupakan salah satu usaha yang sudah berjalan dibidang kue kering. Ayu
Snack memiliki toko ritel dan tempat produksi. Untuk produksi, Ayu Snack memproduksi
7 jenis makanan ringan seperti pastel bawang, pastel abon, kacang umpet, kembang
goyang, peyek, cistik, dan kue bawang. Makanan ringan yang diproduksi Ayu Snack sudah
memiliki beberapa legalitas seperti halal dan PIRT. Toko ritel Ayu Snack juga menjual
berbagai macam makanan ringan, terdapat lebih dari 200 jenis makanan ringan yang
disediakan oleh Ayu Snack untuk menarik pelanggan dan membuat barang yang dijual
semakin lengkap. Ayu Snack menjual berbagai jenis keripik, krupuk, kacang-kacangan,
roti, hingga bolu. Makanan ringan ini dijual dengan berat yang diinginkan pembeli seperti
satu kilogram, setengah kilogram, hingga seperempat kilogram. Masalah yang sedang
dihadapi Ayu Snack yaitu semakin ketat nya persaingan yang terjadi di daerah Cikarang
khususnya Graha Asri. Terdapat banyak pesaing yang lokasinya berdekatan dengan lokasi
Ayu Snack. Ayu Snack juga memiliki pesaing yang cukup berat dikarenakan terdapat toko
snack yang menjual snack lebih dulu daripada Ayu Snack. Daerah Graha Asri cukup padat
dengan toko snack dikarenakan saat ini Perumahan Graha Asri merupakan salah satu pusat
jajan masyarakat daerah Cikarang Baru, Citarik, serta Graha Cikarang. Tidak hanya toko
snack, di daerah Graha Asri juga terdapat banyak jajanan pinggir jalan yang sangat
digemari anak muda. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti membuat solusi supaya
Ayu Snack mengikuti kecanggihan teknologi dengan berjualan snack pada online shop.
Saat ini banyak orang yang menginginkan hal yang mudah dan simple, dengan berdiam
diri dirumah dan hanya menggunakan handphone, hampir semua aktivitas dapat dilakukan.
Solusi ini juga dapat menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Ayu Snack, dimana para
pesaing hanya mempunyai toko offline sedangkan Ayu Snack memiliki toko online dan
offline. Dengan berjualan melalui E-Commerce (Elektronik Commerce), Ayu Snack
memiliki beberapa keuntungan seperti dapat menjangkau pembeli di luar kota, bahkan satu
Indonesia, dapat dengan cepat memberitahu masyarakat bahwa terdapat brand Ayu Snack
yang menjual berbagai macam makanan ringan dengan kualitas yang baik dan harga yang
ditawarkan terjangkau, serta dapat meningkatkan penjualan melalui online shop walaupun
pendapatan di toko offline menurun karena banyaknya pesaing yang ada. Ayu Snack
memiliki toko online di beberapa E-Commerce, seperti pada Shopee, Tokopedia, dan
Lazada. Untuk menarik pelanggan, Ayu Snack membuat berbagai macam promo, diskon,
hingga voucher cashback. Promo yang Ayu Snack tawarkan yaitu potongan harga atau
harga coret, diskon di setiap produknya, voucher toko, dan voucher produk. Tidak lupa
juga Ayu Snack membuat promo gratis ongkir. Saat ini toko Shopee Ayu Snack sudah
dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan COD (Cash on Delivery).
Mengaktifkan sistem COD ini sangat berpengaruh terhadap penjualan dikarenakan banyak
pembeli yang lebih memilih sistem pembayaran COD dikarenakan mudahnya melakukan
pemesanan dan dapat dibayarkan pada saat barang sudah diterima. Keuntungan bagi
pembeli jika membeli snack di toko online Ayu Snack yaitu harga yang ditawarkan lebih
murah daripada harga jual di toko offline, terdapat banyak diskon dan potongan harga yang
disediakan Ayu Snack untuk menarik pembeli agar melakukan pembelian melalui toko
online. Seperti harga keripik kaca setengah kilo dari harga 35 ribu menjadi 33 ribu saja. |
en_US |